Bagaimana Cara Memulai Kembali?

The book of question - Lala Bohang
The book of question – Lala Bohang

Bagaimana cara memulai kembali?

Niat.

Segala sesuatu rutinitas yang pernah kita lakukan berulang di masa lampau dan sekarang sudah kita tinggalkan, menjadikan kita sulit untuk mulai melakukannya kembali. Bagaimana cara kita memulai kembali? Sulit memang. Niat saja sebenarnya tidak cukup.

Bagaimana cara memulai menulis blog lagi? Tulisan ini sudah dibuat judulnya dari 23 Agustus dan belum juga di posting sampai dua minggu kedepannya. Hanya menuliskan judul saja. Dan berhenti sampai disitu. Berat kalau lawannya itu malas dan beribu alasan lainnya yang menghalangi kita untuk mengerjakan sesuatu.

Sama halnya ketika aku sudah meninggalkan olahraga untuk beberapa saat dan keterusan sampai beberapa bulan. Untuk memulai kembali aktifitas positif tersebut sangat berat. Niat yang sudah membulat, terhalang rasa malas yang berat. Ada saja alasan. Tempat olahraga yang jauh, hingga kecapekan sepulang kerja.

Ditambah lagi sudah sebulan pindah kerja dan pindah lokasi keluar Surabaya. Manambah daftar alasan untuk tidak melakukannya. Tapi, dengan sedikit niat dan iming-iming hidup sehat dari dalam hati sendiri, akhirnya aku bisa memulainya kembali.

Bagaimana cara kalian untuk memulai kembali segala hal yang sudah lama kalian tinggalkan? Pertanyaan simpel dengan jawaban yang agak sulit untuk dilaksanakan tentunya.

Iklan

16 pemikiran pada “Bagaimana Cara Memulai Kembali?

  1. Rutinitas atau aktivitas yg padat mungkin bisa jadi enggannya memulai lagi seperti ngeblog dan juga olga.

    Bawa refresing dulu aja, jalan-jalan atau sekedar bersantai sejenak dari rutinitas.

    Klo ngeblog, dibawa santai aja dulu jngan terlalu dipaksakan. Ada ide ttp dituliskan, step by step.

    Klo olga, yg ringan2 aja dulu misal: sekedar jalan kaki disekitar rumah pagi/sore hari. Hirup udara pagi plus merileks ketegangan otot2 (ini sementara sebulan ini aku lakukan, nyoba maksain coz badan semakin bertambah berat. Sekarang sedikit demi sedikit mulai terasa ringan. Nanti juga akan tuliskan).

    Disukai oleh 1 orang

  2. Kalau saya, system ‘paksa’, Mbak.
    Paksa semangat dan inspirasi untuk keluar dan mengalir. Paksa untuk segera beradaptasi dengan hal baru dan mulai lagi. Agak extreme sih. karena seperti tidak ada ampun untuk diri sendiri dan seperti kata orang, sesuatu yang dipaksakan hasilnya ngak baik. Tapi, entah kenapa kalua disana, bekerja dengan sangat baik wkwkwkwk

    Disukai oleh 1 orang

  3. Ada banyak cara untuk bisa memulai untuk menulis lagi. Salah satunya adalah dengan metode ATM saat melakukan blogwalking.

    Amati, Tiru dan Modifikasi sebuah post dari blogger lainnya. Misal menemukan sebuah post yang menurutmu menarik, baca dan cari tahu (amati dengan teliti) apa isi tulisannya, cara menulis, cara penyampaian isi tulisan, alasan kenapa kamu tertarik membacanya, apa kelebihan dan kekurangn post itu.

    Selanjutnya kamu tiru post itu dengan menulis tema yang sama tetapi dengan topik yang berbeda. Misal temanya tentang memasak. Di post yang satu itu membahas bagaimana cara memilih beragam pisau dapur terbaik untuk memotong bahan masakan, maka kamu (misalnya) bisa menuliskan topik lain : bagaimana cara merawat peralatan memasak agar tahan lama

    Terakhir, kamu bisa modifikasi post itu. Setelah di awal mencari tahu apa kekurangan dalam post yang satu (seperti pilihan kata/diksi yang rumit/terlalu tinggi atau tanda baca yang berantakan) maka di post yang akan kamu tulis, hindari hal ini.

    Semoga bermanfaat

    Suka

  4. kalo aku ga mikir untuk memulai kembali, kadang timbul dengan sendirinya aja. kalau tidak timbul ya artinya aku emang ga mau melakukannya lagi. meskipun itu baik.
    aku sempat malas nulis, malas bikin foto, malas main musik, malas baca. ya udah aku diam aja, eh setelah beberapa saat muncul deh rasa yang meletup-letup untuk melakukan semua hal itu lagi, meski tidak berbarengan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s