6 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Aku termasuk orang yang paling sering menyambangi dokter dengan keluhan maag atau asam lambung naik. Satu tahun bisa sampai tiga kali aku tepar dengan keluhan yang sama. Bandel sih iya. Mungkin dokter juga bosan menghadapi pasien bandel.

Mulut terasa pahit. Mungkin karena asam lambung naik ke tenggorokan. Nafsu makan seketika hilang. Kalau sudah kumat seperti beberapa hari ini, mual sampai ga bisa beraktifitas. Dan nyeri banget di ulu hati. Perut terasa lapar tapi ga bisa makan dengan normal. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari diantaranya :

1. Minuman soda, karbonasi, ataupun alkohol

Minuman berkarbonasi atau soda dan alkohol harus dihindari karena minuman ini dapat menimbulkan gas yang sangat tinggi dan menyebabkan asam lambung semakin meningkat.

2. Kopi

Kopi harus dihindari oleh para pecinta kopi sekaligus penderita asam lambung. Karena kandungan kafein dalam kopi dapat memicu naiknya asam lambung.

3. Buah-buahan tertentu

Beberapa buah tertentu dapat memicu naiknya asam lambung. Diantanya mangga muda, nanas, kedondong, dan belimbing.

4. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh diantaranya gorengan, yang dapat menyebabkan lambung luka dan meradang.

5. Makanan pedas

Ini salah satu yang sulit dihindari. Bagaimana tidak, makanan tanpa ada rasa pedas rasanya hambar. Itu bagi penyuka pedas. Dan sebaiknya dihindari untuk penderita asam lambung.

6. Santan

Makanan bersantan juga sebaiknya dihindari penderita asam lambung. Lemak akan menghabiskan lebih banyak waktu didalam lambung.

Nah, bagi penderita asam lambung terutama. Dan untuk diri saya sendiri. Ini note keras yang harus saya ingat seumur hidup. Kalau ga mau sering tepar karena asam lambung yang naik

2 pemikiran pada “6 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. menderita karena asam lambung, padahal asam lambung adalah bagian natural dari lambung.. hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm penyakit tuh (saya bukan dokter)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s